FE Ekonomi Bisnis

FE Ekonomi Bisnis
Universitas Gunadarma

Minggu, 02 Desember 2012

bagaimana CBIS memperbaiki kualitas produk dan jasa agar perusahaan dapat mencapai ke unggulan kompetitif

-->


Nama   :  Setyasih dian ayu 
Npm    :  46210487
Kelas   :  3 Da 03

Bagaimana CBIS Memperbaiki Kualitas Produk dan Jasa Agar  Perusahaan   Dapat Mencapai Keunggulan Kompetitif
                   
       A. Pendahuluan
       Latar belakang
Selama tahun 1980-an dan awal tahun 1990-an, perusahaan raksasa multinasional banyak menyelesaikan pembangunan sistem informasi global mereka (GIS/ Global Information System), tetapi masih terdapat beberapa hal lain yang masih harus diselesaikan dalam rangka menyempurnakan sistem pengelolaan informasi berbasis komputer yang mendunia ini. Pada tahun 2000-an, kurang lebih 2070 perusahaan multinasional akan didorong untuk memperbaiki aplikasi sistem informasi dan bentukan arsitektur sistem ini. Sistem yang mulanya dirancang untuk mendukung operasi yang tersentralisasi ataupun tidak tersentralisasi akan ditingkatkan untuk memampukan perusahaan induk dan cabangnya beroperasi sebagai sebuah koordinat suatu sistem yang terintegrasi. Adapun hal yan perlu ditingkatkan dan diintegrasikan secara utuh dalam pematangan sistem informasi dunia adalah peranan sistem informasi berbasis komputer (Computer Based Information System/ CBIS).

Pembahasan
Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS antara lain adalah data, informasi, sistem, sistem informasi dan basis komputer. Berikut penjelasan masing-masing istilah tersebut.
Data merupakan deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi.Jadi pada intinya, data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.
Informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.
Sistem merupakan entitas, baik abstrak maupun nyata, dimana terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait satu sama lain. Objek yang tidak memiliki kaitan dengan unsur-unsur dari sebuah sistem bukanlah komponen dari sistem tersebut.
Sistem Informasi
Sistem Informasi merupakan sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya,sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.
Berbasis Komputer
Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.

       Jenis-jenis CBIS :
Sub Sistem dari Sistem Informasi Berbasis Komputer
Sub sistem dari CBIS adalah :
1. Sistem Informasi Akuntansi
2. Sistem Informasi Manajemen
3. Sistem Pendukung Keputusan
4. Automasi Kantor (Virtual Office)
5. Sistem Pakar

Teknologi menciptakan keunggulan kompetitif     
Teknologi Informasi untuk keunggulan kompetitif dalam operasional Perusahaan pada Era Globalisasi yaitu, pentingnya penerapan teknologi informasi untuk memformulasi strategi pencapaian peluang profit melalui maksimisasi penerimaan dari investasi yang dilakukan dalam berjalannya suatu perusahaan. Ini juga dapat dihubungkan dengan bagian dari Intelligence lingkungan secara keseluruhan yang dibutuhkan perusahaan untuk membuat keputusan yang baik.

keunggulan kompetitif perusahaan dapat dibangun di atas salah satu dari tiga disiplin nilai, yaitu :
-   Operasional prima (operational excellence).
Perusahaan yg menggunakan strategi ini berupaya mencapai biaya paling efisien pada setiap proses bisnis yg menghasilkan kualitas jasa & barang sesuai harapan pelanggan. Pekerjaan rumah manajemen ialah memastikan seluruh karyawan utk selalu berpikir mengenai efektifitas biaya. Apakah ada item biaya yg dpt dikurangi. Di mana terjadi pemborosan biaya. Bagaimana bila biaya dikalkulasi berdasarkan aktifitas (activity based costing). Pemicu biaya (cost driver) mana yg perlu distudi. Mana aktifitas yg tidak memberi nilai tambah. Aktifitas berbiaya (cost activities) mana yg perlu dihilangkan. Mana item biaya yg paling besar. Apakah ada kemungkinan aktifitas dikerjakan bersama-sama sehinga total biaya lebih murah (shared services, shared activities), dsb. HP secara disiplin menggunakan mainstream strategi ini. Maka kita melihat betapa harga printer & PDA mereka meluncur turun utk merangsek pasar.
-   Keakraban dengan pelanggan (customer intimacy).
Perusahaan yg menggunakan strategi ini mempertahankan bisnis dgn menunjukkan pemahaman luar biasa pada kebutuhan & harapan pelanggan melebihi rata-rata kompetitor.
-   Produk atau layanan yg senantiasa inovatif & terdepan (product leadership).
Perusahaan yg menggunakan strategi ini membangun keunggulan kompetitif dgn terus-menerus menciptakan produk / layanan yg paling canggih, paling baik, paling inovatif. Manajemen puncak, manajer madya & karyawan perlu memahami implikasi setiap strategi. Perbedaan tema strategi membutuhkan seperangkat indikator keberhasilan yg berbeda pula. Menjalankan bisnis seperti biasa, akan mendapatkan hasil yg biasa-biasa. enjalankan bisnis dgn luar biasa, dgn disiplin eksekusi strategi, akan memberikan hasil yg lebih baik.

Kesimpulan
dalam era globalisasi ini kita harus bias mengetahui adanya Evolusi system informasi manajemen berdasarkan CBIS jaman sekarang ini ,yang mempunyai banyak peranan dalam kehidupan sehari hari ,khususnya dalam bidang basis computer system. Sistem informasi manajemen merupakan sebuah system informasi yang memiliki integrasi antar sub systemnya.
Referensi
http://andreasmukhya.blogspot.com/2011/01/uts-system-information-management.html

1 komentar:

  1. Selain itu, Yuk ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi Desember 2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori. link http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755



    Oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan BAAK, maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian...untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS, silahkan kunjungi link inihttp://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    BalasHapus